Pengertian dan Fungsi Microsoft PowerPoint

pengertian, microsoft, powerpoint, adalah, fungsi, sejarahPengertian Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office yang berfungsi untuk membuat slide presentasi, Microsoft PowerPoint ini berjalan diatas komputer yang berbasis sistem operasi Windows dan Apple Mac OS seperti halnya aplikasi lain yang terdapat dalam Microsoft Office

Aplikasi ini sangat banyak digunakan orang dari berbagai kalangan, terutama dari kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer, aplikasi ini sangat digemari karena memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah digunakan

Sejarah Microsoft PowerPoint

Pertama kali Aplikasi Microsoft PowerPoint ini dikembangkan oleh Dennis Austin dan Bob Gaskins sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. kala itu Microsoft PowerPoint masih menggunakan warna hitam/putih, pada saat itu Microsoft Powerpoint mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).

Setahun setelah itu, muncul versi baru dari aplikasi Microsoft PowerPoint dengan tambahan fitur warna, tambahan fitur warna ini diberikan setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc. perangkat lunak PowerPoint ini diakuisisi dengan harga kira-kira 14 Juta dolar . Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran

Sejak tahun 1990, Aplikasi Microsoft PowerPoint telah mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0, aplikasi Microsoft PowerPoint ini telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Penggunaan dan Cara Kerja Microsoft PowerPoint

Dalam aplikasi Microsoft PowerPoint terdapat halaman individual yang disebut dengan “slide”, Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, fungsi slide ini adalah untuk memposisikan objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya

Slide inilah nantinya yang akan ditampilkan dalam layar proyektor dengan perintah navigasi dari presenter, kumpulan slide ini juga dapat dicetak di kertas berupa handout yang dibagikan ke audiens sebagai bahan pendukung, selain itu slide ini juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).

Salah satu keunggulan dan Microsoft PowerPoint adalah properti pergerakannya, Microsoft menawarkan dua properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Custom Animation ini berguna mengatur animasi teks

Dengan Custom Animation teks dapat bergerak sesuai dengan animasi yang diberikan, pergerakan tersebut juga bisa diatur berdasarkan durasi waktu atau onclick pada mouse, animasi-animasi teks yang tersedia diantaranya yaitu Entrance, Emphasis, Exit dan lain-lain.

Sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).

Custom Animation dan Transition ini sangat digemari oleh pengguna PowerPoint karena dengan custom animation dan transition ini slide presentasi yang dibuat menjadi lebih menarik sehingga audiens yang menyaksikan jalannya presentasi menjadi terkesan

Selain memiliki keunggulan dalam mengatur animasi, PowerPoint juga dapat menyimpan file presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:

*.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)

*.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)

*.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)

*.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

Kompatibilitas Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, hal ini terbukti dengan banyaknya aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote.

Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk Microsoft PowerPoint, karena selain dapat membuka file dalam format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel + Dapatkan 2 Ebook GRATIS

Ayo berlangganan artikel + dapatkan 2 ebook gratis tentang Panduan Belajar Microsoft Excel dan Mengetik 10 Jari